loading...

Tips Kontrol Gula Penderita Diabetes

 

 


Pada penderita diabetes itu memang kadar gula di dalam darahnya itu memang terlalu tinggi, dan ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sangat penting untuk orang dengan penyakit gula itu untuk menjaga dan mengontrol gula darah supaya bisa tetap stabil. Apabila kadar gula terlalu tinggi atau terlalu rendah itu akan bisa menyebabkan berbagai penyakit dan mungkin bisa memicu kematian juga.

Mengontrol gula darah mungkin tidak mudah untuk dilakukan, namun memang harus dilakukan demi untuk menjaga kesehatan. Meskipun sulit akan tetapi memang bukan berarti ini adalah hal yang tidak mungkin, semua itu tergantung dari bagaimana orang mengontrol kadar gula tersebut. Dan pada kesempatan ini kami akan berikan beberapa tips yang dipakai untuk membantu Anda mengontrol gula darah.

Tips Mengontrol Gula Darah Untuk Orang Penyakit Gula

Sebenarnya ada cara yang memang cukup mudah untuk bisa mengontrol gula darah, yakni dengan mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi tentunya namanya obat pasti akan ada efek sampingnya, dan menurut kami cara yang paling tepat adalah mengontrol secara alami. Dan ada beberapa cara kontrol gula darah bagi orang diabetes yang bisa dilakukan secara alami, dan berikut ini beberapa tips untuk Anda.

1.     Menjaga Asupan Makanan

Tips pertama yang mungkin bisa membantu dalam menjaga kadar gula di dalam darah itu adalah dengan menjaga asupan makanan. Sebisa mungkin asupan makanan harian itu terjaga dan benar-benar terhitung terutama dari sisi kandungan gula maupun karbohidrat. Karena kedua kandungan tersebut menjadi salah satu kandungan yang bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Sebisa mungkin Anda menjaga asupan makan agar tetap seimbang, karena kalau kondisinya kurang pun juga bisa berbahaya bagi tubuh. Berikan asupan yang sesuai dengan kondisi kadar gulanya, sehingga bisa menjaga kadar gula dengan jauh lebih baik. Penderita diabetes memang sangat butuh menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, sebisa mungkin konsumsi makanan sehat.

2.     Menjaga Porsi Makanan

Tips yang kedua adalah menjaga porsi makan, karena dari porsi yang terlalu banyak pun bisa meningkatkan kadar gula juga. Sebisa mungkin porsi makan itu cukup, tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh dalam waktu satu hari. Karena kelebihan kalori itu nantinya bisa menjadi gula yang menumpuk dan membuat kadar gula pun bisa jadi naik.

Jadi ada baiknya Anda membuat porsi makanan untuk setiap kali makan, dan juga porsi untuk snack yang bisa dimakan. Porsi makanan pun harus seimbang antara karbohidrat, protein, dan juga sayuran yang Anda makan setiap kali makan. Hal ini tentu saja akan membuat bukan hanya asupan seimbang tapi juga porsi yang seimbang dalam tubuh.

3.     Membuat Jadwal Makanan

Tips yang ketiga adalah membuat jadwal makan, jadwal makan ini akan sangat membantu penderita penyakit gula untuk menjaga kadar gula. Karena dengan membuat jadwal makan, maka akan ada waktu untuk tubuh bisa mencerna setiap asupan makanan. Dengan begitu tidak akan ada penumpukan yang mungkin beresiko akan meningkatkan kadar gula di dalam darah.

Jadi Anda bisa membuat jadwal untuk makan pagi itu mulai dari jam berapa, kemudian ada snack siang, lalu ada makan siang, kemudian ada snack sore dan makan malam. Jadi Anda buat jadwal yang tepat, dan harus Anda ikuti jadwal makan tersebut secara disiplin, ini akan sangat membantu untuk menjaga kadar gula penderita diabetes tetap stabil.

4.     Melakukan Pengecekan Rutin

Tips yang keempat adalah melakukan pengecekan secara rutin, ini adalah salah satu hal yang sangat membantu dalam menjaga kadar gula. Sebab dengan pengecekan ini, Anda tahu langkah apa yang harus dilakukan dan program apa yang harus dijalankan. Karena pada dasarnya untuk penderita penyakit gula itu memang harus menjaga kadar gula stabil, tidak tinggi tidak rendah.

Nah baik itu penurunan kadar gula darah ataupun menaikkan kadar gula pada penderita penyakit gula itu memiliki program tersendiri. Sehingga Anda itu harus tahu dulu kondisi terkini dari kadar gula itu seperti apa, apakah rendah atau mungkin tinggi atau sudah stabil. Nah pengambilan langkah ini menjadi sangat penting, dan pengecekan menjadi kunci untuk semuanya.

5.     Aktif Berolahraga

Tips yang kelima itu adalah berolahraga, ini adalah salah satu hal yang bisa sangat membantu kadar gula di dalam darah. Sebab dengan olahraga, maka semua asupan makanan termasuk kalori dan gula di dalam tubuh akan terbakar sempurna. Karena itulah sangat disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin meski hanya olahraga yang sederhana saja.

Olahraga yang Anda lakukan tidak perlu yang ribet atau mahal, karena olahraga ringan seperti jalan santai pun sudah cukup. Asalkan Anda lakukan secara rutin, maka ini akan bisa sangat membantu kadar gula jadi stabil dalam tubuh. Dan tubuh pun menjadi lebih bugar, dan hal ini yang menjadi poin penting pada penderita diabetes agar supaya tetap sehat.

6.     Mengelola Stres Dengan Baik

Kadar gula bisa jadi tidak stabil itu bukan hanya karena soal makanan, namun juga soal kondisi pikiran atau stres. Stres pada penderita penyakit gula itu juga cukup menakutkan, karena sudah pasti akan berpengaruh pada kadar gula darah. Bisa jadi stres yang berlebihan akan membuat kadar gula naik atau justru malah kurang dan itu jadi berbahaya.

Anda harus bisa mengelola stres dengan baik, seperti misalnya mencoba mendengarkan lagu yang menenangkan hati. Selain itu juga mungkin bisa menggunakan terapi tertentu agar supaya lebih rileks dan juga lebih tenang pikirannya.

7.     Istirahat Cukup

Tips yang terakhir adalah istirahat yang cukup, ini adalah hal yang sangat penting juga meskipun merupakan hal sederhana. Karena dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh jadi lebih fit dan tentunya membuat gula di dalam darah pun stabil. Bila kurang istirahat sangat mungkin gula akan turun drastis, sehingga Anda harus benar- benar menjaga tubuh Anda.

Pastikan istirahat cukup dan juga memiliki waktu tidur yang cukup untuk membantu menjaga gula darah pada penderita diabetes.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.