loading...

Fungsi Minyak Kelapa Sawit Bagi Kesehatan

 


 

Minyak kelapa sawit adalah salah satu jenis minyak yang memang cukup populer di dunia termasuk juga di Indonesia ini. Bahkan diperkirakan bahwa manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan tubuh itu memang cukup baik dan juga sangat banyak juga.

Jadi banyak orang yang mengonsumsi minyak kelapa sawit ini yang memang memiliki tujuan untuk kesehatan tubuh.

Minyak kelapa sawit itu sendiri sebenarnya adalah sebuah minyak yang berasal dari daging buah kelapa sawit. Minyak ini pun merupakan salah satu sumber tokotrienol yang baik dan juga memiliki sifat antioksidan yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh.

Penelitian menunjukkan kalau Tokotrienol ini bisa membantu melindungi lemak tak jenuh ganda di otak, mengurangi risiko stroke, bahkan sampai memperlambat perkembangan demensia.

Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat yang utama dari minyak kelapa sawit itu sendiri adalah untuk menjadi bahan untuk mengolah sebuah makanan. Akan tetapi ternyata ada cukup banyak manfaat yang dimiliki oleh minyak ini yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari minyak kelapa sawit ini yang tidak banyak orang ketahui.

1.     Meningkatkan Status Vitamin A

Salah satu manfaat dari minyak kelapa sawit yang mungkin tidak banyak orang ketahui adalah soal kandungan vitamin A yang tinggi. Dan minyak kelapa sawit ini bisa dipakai untuk meningkatkan status vitamin A pada orang yang kekurangan vitamin A. Dan juga bisa digunakan untuk meningkatkan vitamin A pada orang yang mungkin memiliki risiko untuk bisa kekurangan vitamin A.

Mengonsumsi minyak kelapa sawit bagi kesehatan itu salah satunya bisa meningkatkan kadar vitamin A di dalam darah dan baik untuk bayi yang masih menyusu. Orang dengan kondisi kesulitan vitamin yang larut dalam lemak mengalami peningkatan vitamin A setelah konsumsi minyak sawit. Jadi mereka mengonsumsi paling tidak 2 sampai 3 sendok makan minyak sawit merah dan dilakukan setiap hari selama 8 minggu.

Minyak sawit ini pun terbukti sudah bisa meningkatkan kadar vitamin A pada orang dewasa dan juga pada anak-anak.

2.     Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat dari minyak sawit ini adalah bisa digunakan untuk bisa memelihara kesehatan jantung dengan cukup baik. Ini karena minyak sawit ini memiliki kandungan yang memberi efek untuk bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan kemudian meningkatkan kolesterol HDL. Dan kondisi yang seperti itu berarti akan bisa membantu memelihara kesehatan jantung dan menghindarkan dari penyakit jantung.

3.     Mengurangi Stres Oksidatif Pada Tubuh

Manfaat ketiga yang juga bisa didapatkan dari minyak sawit ini adalah bisa mengurangi stres oksidatif yang terjadi pada tubuh kita. Stres oksidatif ini adalah sebuah kondisi yang disebabkan oleh radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan kemudian menumpuk. Radikal bebas ini bisa menumpuk pada tubuh karena beberapa akibat, mulai dari stres, polutan, pestisida, dan juga pola makan yang buruk.

Nah radikal bebas ini bukan hanya bisa menyebabkan stres oksidatif, namun bisa menyebabkan banyak hal seperti kerusakan sel dan lainnya. Dan minyak sawit ini bisa menjadi salah satu solusi untuk bisa mengurangi stres oksidatif yang terjadi pada tubuh akibat radikal bebas. Ini karena memang minyak sawit itu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan.

Tapi perlu diingat dengan sebaik mungkin, bahwa minyak sawit sendiri tidak akan bisa menghilangkan stres oksidatif dalam tubuh. Tetap dibutuhkan adanya pola makan yang sehat dan diet seimbang dan juga dukungan makanan antioksidan yang lainnya. Dengan perpaduan dari semua itulah yang nantinya akan bisa membantu Anda untuk mengatasi stres oksidatif yang terjadi di dalam tubuh.

4.     Meningkatkan Kesehatan Kulit Dan Rambut

Manfaat yang berikutnya adalah untuk bisa meningkatkan kesehatan kulit dan juga kesehatan rambut, ini mungkin sudah umum diketahui. Sebab memang pola makan atau apa yang Anda makan itu sudah pasti akan mempengaruhi pada kesehatan kulit dan juga rambut. Dan minyak sawit ini ternyata memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi juga yang bermanfaat untuk kedua hal tersebut.

Minyak sawit ini memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi, sehingga tentunya akan bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu kandungan Tokotrienol sendiri memiliki manfaat juga untuk bisa membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Jadi dengan semua kandungan dari minyak sawit ini sudah pasti akan bisa dipakai untuk kesehatan kulit dan rambut.

5.     Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat yang selanjutnya adalah soal kandungan vitamin yang ada di minyak sawit memang cukup tinggi dan bisa menjaga kekebalan tubuh. Adanya vitamin A, D dan juga vitamin E yang tinggi itu memang sangat baik untuk tubuh kita dan juga ada antioksidan. Dan semua vitamin tersebut memang sudah terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan.

6.     Membantu Ibu Hamil Lebih Sehat

Manfaat yang lainnya itu adalah bisa membantu ibu hamil menjadi jauh lebih sehat, ini karena kandungan vitamin A yang tinggi. Karena kandungan vitamin yang sangat tinggi, tentunya akan membuat ibu hamil jauh lebih sehat, dan perkembangan janin pun jadi lebih baik. Ibu hamil memang sangat rentan untuk kekurangan vitamin, dan minyak kelapa sawit ini bisa menjadi solusi yang baik.

7.     Mencegah Stroke

Manfaat yang terakhir adalah bisa juga dipakai untuk mencegah stroke, karena memang kandungan lemak tidak menimbulkan flek. Dengan tidak menyebabkan flek membuat lemak yang ada di minyak sawit ini jadi tidak menyumbat pembuluh darah dalam tubuh. Dan hal tersebut tentunya akan sangat menurunkan risiko terjadinya stroke.

Kesimpulan

Jadi minyak sawit sendiri memang sebuah minyak yang mungkin bisa dijadikan pilihan untuk mengolah makanan karena lebih sehat. Namun tetap konsumsinya sendiri harus dibatasi juga, karena bila terlalu banyak juga berbahaya bagi tubuh Anda. Dan itulah beberapa manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan.

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.