loading...

Posisi Tidur yang Baik Selama Hamil



Posisi tidur ibu hamil yang baik penting untuk diketahui, supaya ibu hamil bisa istirahat dengan nyaman serta kondisi janinnya juga aman, terlebih dengan adanya perubahan fisik ataupun hormonal yang bisa menimbulkan bunda hamil sulit tidur. 

Pada kehamilan trimester dini bunda hamil dapat tidur dengan posisi apapun yang bisa memberikan rasa nyaman buat dirinya, sebab perutnya belum membesar. Bunda hamil umumnya mulai takut kala memasuki trimester ke 2. Akan tetapi sebenarnya bunda hamil tidak perlu khawatir.

Mengapa? Karna sesungguhnya tubuh bunda di ciptakan begitu spesial sehingga dapat memberikan proteksi. tidak hanya itu, untuk janin dalam kandungan bunda hamil tidak pernah merasa tak nyaman karena keberadaannya mengapung dalam cairan ketuban dan mempunyai ruang sendiri untuk bergerak leluasa. Meski seperti itu bunda hamil juga mesti hati- hati dalam memilih posisi tidur, seperti tips berikut ini:

Tidur Dengan Posisi Tengkurap


Posisi ini sesungguhnya lumayan nyaman buat bunda berbadan dua. Tetapi umumnya sesudah kehamilan trimester awal, sebab terdapatnya pelebaran buah dada serta pula membangkitkan buah dada yang lebih sensitif hendak memunculkan ketidaknyamanan buat tidur telungkup. Serta pada dikala di mana perut kamu telah mulai membengkak( dini 14 pekan) tidur dengan posisi telungkup jadi amat tidak aman sebab kamu wajib membahu pukang dengan alas buat bisa tidur telungkup sebab perut yang mulai membengkak.

Tidur Dengan Posisi Terlentang


Posisi ini di anjurkan setelah kehamilan 16 minggu bunda hamil untuk tidak tidur terlentang, sebab dengan tidur posisi terlentang Kamu akan meletakan seluruh berat kandungan ke bagian belakang, usus, dan vena cava inferior. Tidur posisi terlentang juga bisa tingkatkan resiko sakit pinggang, ambeien, serta gangguan pencernaan, dan mengganggu pernapasan serta sirkulasi. Posisi tidur terlentang pada trimester kedua dan ketiga juga dapat pengaruhi tekanan darah. Buat sebagian wanita, bisa mengakibatkan penurunan darah yang membuat mereka merasa pusing, untuk yang lain justru meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi terlentang amat tidak direkomendasikan.

Tidur Dengan Posisi Miring


Lalu posisi tidur yang bagaimanakah yang terbaik? Sampai saat ini belum terdapat riset lebih lanjut mengenai posisi tidur yang nyaman buat wanita hamil. Namun sangat disarankan setelah kehamilan 16 minggu, hendaknya bunda hamil tidur dengan posisi miring ke sisi kiri, sebab posisi ini berikan manfaat buat bayi kamu untuk memperoleh aliran darah serta nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya vena besar( vena cava inferior) dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. yang juga bisa membantu ginjal buat membuang sisa produk serta cairan dari tubuh bunda sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki serta tangan.

Tidur posisi ke kanan juga baik. Kamu bisa mengubah posisi ke kanan serta ke kiri untuk membuat kamu tidur lebih nyaman.

Jika kamu terbangun di malam hari dan menemukan ternyata kamu tidur terlentang, Kamu jangan kwawatir sebab kamu tidak melakukan sesuatu yang mencelakai bayi kamu. Kembali saja pada posisi miring. Lagi pula pada kehamilan lanjut, dimana perut sudah membesar, disertai kondisi lain seperti kejang otot, sering kencing, kontraksi palsu, bayi yang menendang perut, rasa asam lambung

yang meningkat yang akan menimbulkan bunda hamil akan terbangun beberapa kali di malam hari, sebab bunda hamil telah tentu akan berubah posisi tidur beberapa kali dan otomatis tidak
 seterusnya tidur dengan posisi terlentang.

Tips: Untuk tidur dengan posisi miring yang lebih nyaman letakan bantal diantara lutut kamu serta satu di punggung anda. Atau kamu bisa membeli khusus bantal ibu hamil



Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.